Rabu, 12 Oktober 2011

PERANGKAT LUNAK OPEN SOURCE



Apa itu Open-source? Open-source merupakan perangkat lunak/program yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk dipelajari, dimodifikasi, disebarluaskan ataupun menggandakannya secara bebas dan gratis, namun tetap mengikuti aturan yang sudah ditentukan (Open-source Initiative).
Karena program terbuka, pengembangannya dilakukan oleh banyak orang yang memang menghendaki adanya perubahan dan perbaikan pada program sebelumnya, sehingga program ini akan selalu berkembang terus.
Perbedaan perangkat lunak open-source dan perangkat lunak gratis/freeware. Open-source merupakan perangkat lunak yang dapat diperoleh dan didistribusikan secara bebas, dimana kode program aslinya (sources code) dapat dilihat atau didapatkan untuk dikembangkan sendiri oleh kita dengan tetap memperhatikan kaidah yang berlaku sesuai dengan lisensi perangkat lunak tersebut. Sedangkan perangkat lunak gratis belum tentu kode asli programnya diperbolehkan dilihat maupun diubah serta dikembangkan.
Kini sudah banyak sistem operasi perangkat lunak open-source yang digunakan pada komputer maupun ponsel. Keuntungan yang diperoleh karena menggunakan program open-source, adalah perkembangannya akan cepat karena dibuat dan kembangkan oleh banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut.Dan setiap versi terbaru dikeluarkan kita akan mendapatkannya secara gratis. Kalau pun ada biaya hanya untuk biaya media pendistribusiannya.
Contoh perangkat lunak sistem operasi open-sources adalah linux dan android (digunakan pada komputer, laptop maupun ponsel). Pengembang open-source kini sudah banyak, salah satu situs penyedia open-source

Mengapa harus menggunakan perangkat lunak open source? Dalam pekerjaan sehari-hari dengan komputer, kita mungkin sering menggunakan beberapa perangkat lunak komersial yang sudah terkenal seperti Microsoft Windows sebagai sistem operasi, Microsoft Office sebagai aplikasi perkantoran, Adobe Photoshop dan Corel Draw sebagai aplikasi untuk desain dan gambar, Microsoft Visio sebagai aplikasi untuk membuat diagram, Microsoft Outlook untuk membaca dan menerima e-mail ataupun Microsoft Project sebagai aplikasi untuk melakukan manajemen proyek. Namun tahukah Anda, bahwa perangkat lunak yang disebutkan tadi memiliki harga lisensi satuan dari ratusan hingga ribuan dolar AS per perangkat lunak? Jika Anda menginvestasikan uang Anda untuk membeli beberapa perangkat lunak asli tersebut ke dalam komputer, tentu Anda harus mengeluarkan biaya ribuan dolar AS untuk sebuah komputer. Tentu Anda juga tidak ingin melanggar hukum dengan menggunakan perangkat lunak ilegal bukan?
Karena itulah tersedia berbagai ragam perangkat lunak open source yang dapat diunduh secara gratis dan disebarluaskan dengan bebas. Selain itu, karena dibangun oleh suatu komunitas yang saling bertukar informasi di seluruh dunia, perangkat lunak jenis ini berkembang dengan cukup baik.


NAMA : M.ARWANI
NIM: 121011100
CLAS: IF 10 B
SEMESTER 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar